Panduan Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar


Panduan Cara Menyikat Gigi yang Baik dan BenarKesehatan dan kesegaran mulut, sangat dipengaruhi oleh kebersihan gigi. Kebersihan gigi sangatlah dipengaruhi oleh seberapa rajin seseorang membersikan gigi dan apakah cara membersihkan giginya tersebut benar. Untuk mengetahuinya, maka dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai cara menyikat gigi yang benar. Namun, sebelum kita membahas mengenai cara yang baik ketika menyikat gigi, terlebih dahulu kita akan membahas mengani dampak yang ditimbulkan apabila menyikat gigi dengan cara yang tidak benar, serta dampak yang ditimbulkan bila tidak rajin membersihkan gigi.

Dampak yang ditimbulkan ketika tidak rajin menyikat gigi atau menyikat gigi dengan cara yang tidak benar, yaitu dapat mengakibattkan bau mulut, gigi berlubang, gusi berdarah atu gusi bengkak dan lain sebagainya. Supaya kita tidak terserang masalah gigi tersebuut maka kita harus rajin menyikat gigi serta menyikat gigi dengan cara yang benar. Selain cara menyikat gigi dengan cara yang benar, sikat gigi pun berpengaruh tehadap kebersihan gigi. Jangan menggunakan sikat gigi yang bulu sikat yang sudah mekar dan sudah tidak nyaman digunakan lagi, karena apabila kita menggunakan sikat gigi yang bulunya sudah mekar, maka kegiatan menyikat gigi kita tidak akan bersih secara maksimal. Selain itu jangan menggunakan sikat gigi satu untuk bersama, sebab apabila kita menggunakan sikat gigi secara bersama-sama maka kuman-kuman tersebut akan lebih mudah berpindah dari satu orang ke orang lain, dan yang terakhir, sikat gigilah minimal dua kali sehari, yaitu pagi dan malam sebelum tidur.

Setelah kita membahas mengenai dampak yang ditimbulkan ketika cara menyikat gigi kita salah. Sekarang kita akan membahas mengenai cara menyikat gigi yang baik dan benar, yaitu:

1. Sikatlah terlebih dahulu dasar gigi dengan arah vertikal atau melingkar, secara lembut dan perlahan, supaya tidak menyakiti gusi. 

Panduan Cara Menyikat Gigi yang Benar

2. Setelah gigi bagian luar selesai disikat, selanjutnya kita menyikat gigi bagian dalam. Ketika membersihkan gigi bagian dalam, anda dapat membagi bagian gigi menjadi empat bagian, yaitu: kiri atas, kanan atas, kiri bawah, dan kanan bawah. 

Panduan Cara Menyikat Gigi yang Benar

3. Selanjutnya sikatlah gigi geraham yang biasa kita gunakan untuk mengunyah. Ketika kita menyikat gigi bagian graham, jangan terlalu menekan sikat gigi karena akan menjadikan bulu sikat menjadi bengkok, sehingga sisa-sisa makanan tidak dapat dibersihkan dengan bersih.

Panduan Cara Menyikat Gigi yang Benar

4. Setelah seluruh gigi selesai dibersihkan, yang terkhir kita lakukan dan tak kalah pentingnya yaitu membersihkan lidah. Membersihkan lidah, terkadang selalu terlewatkan oleh sebagian orang. Membersihkan lidah sangatlah penting, karena bakteri dan kuman tidak hanya menempel di gigi saja, namun menempel di lidah juga. Manfaat membersihkan lidah yaitu, mulut kita menjadi lebih bersih dan lebih segar.

Panduan Cara Menyikat Gigi yang Benar

Itulah langkah-langkah membersihkan gigi yang benar. Ketika cara membersihkan gigi sudah benar, maka permasalahan seperti, bau mulut, gigi berlubang, gusi berdarah atu gusi bengkak dan lain sebagainya akan terhindar. Gigi kita menjadi bersih, mulut kita pun menjadi segar dan kita pun akan lebih nyaman dan lebih percaya diri ketika berbicara dengan orang lain.




0 komentar:

Posting Komentar

Next Posting Lama
Panduan Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar