Tanggal 2 Oktober, Hari Batik Nasional


Assalamu 'alikum sobat Muro'i El-Barezy. Tahukah sobat, jika setiap tanggal 2 Oktober, ternyata bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Batik Nasional. Wah… ternyata ada yah Hari Batik Nasional itu. Ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional karena tepat Tiga tahun lalu, yaitu pada 2 Oktober 2009, batik diresmikan oleh UNESCO sebagai ‘Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi’ milik Indonesia. 

Yup… kalo sudah demikian ga bakalan ada Negara lain yang mengklaim lagi dong. Karena dunia sudah mengakui bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia.
batik
sumber gambar
Batik sendiri berasal dari kata ‘ngembat (disingkat mbat)’ dan titik (tik)’. Kedua kata ini bermakna ‘melontarkan titik’. Artinya, kegiatan membatik sama dengan melemparkan atau melontarkan titik demi titik pada sebuah kain yang berwarna putih.
Sejarah pembatikan di Indonesia berkait erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerjaan Solo dan Yogyakarta.

Jadi kesenian batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerjaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal baru setelah perang dunia kesatu habis atau sekitar tahun 1920. 

Adapun kaitan dengan penyebaran ajaran Islam. Banyak daerah-daerah pusat perbatikan di Jawa adalah daerah-daerah santri dan kemudian Batik menjadi alat perjuangan ekonomi oleh tokoh-tokoh pedangan Muslim melawan perekonomian Belanda.

Dewasa ini perkembangan batik sudah sangat pesat. Pada tahun 1960-an, penggunaan baju batik dilakukan sebagai pakaian resmi non-Barat khas Indonesia. Dan kini, ia tidak hanya dianggap sebagai pakaian resmi atau formal. Bukan pula pakaian orang-orang tua yang dipakai ketika ada hajatan. Namun batik sepertinya sudah menjadi trend masa kini. Inovasi demi inovasi, membuat kalangan muda tidak hanya tak malu dengan batik, tetapi juga bangga mengenakannya 

Banyak produk yang terbuat dari batik ini, sebut saja ada tas batik, baju bola batik, sandal batik, dan masih banyak lagi yang berbau-bau batik.

Batik adalah sebuah identitas. Disaat mengenakan batik, maka akan terbersit didada pemakainya agar tidak melupakan akar budaya Indonesia: budaya kesantunan, keramahan, dan ke-bhineka tunggal ika-an, seperti halnya beragamnya corak batik. 

So, masih malu pake batik nih? Ga jamannya kali hehe…




Tanggal 2 Oktober, Hari Batik Nasional